Bank Sultra Kembali Ditunjuk Jadi Penyalur BSPS Kementerian PUPR

oleh

Foto : Suasana penandatanganan perjanjian kerjasama antara Direktur Utama, Direktur Pemasaran Bank Sultra dengan PPK Rumah Swadaya dan Kepala Satker Non Vertikal Tertentu Penyedia Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara Kementerian PUPR.

Beritaklick.com | KENDARI – PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara atau Bank Sultra kembali ditunjuk oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Penyediaan Perumahan (SNVT) Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi Bank penyalur dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019. Sebelumnya, Bank Sultra dipercaya telah menjadi Bank Penyalur dalam program BSPS sejak dua tahun terakhir yaitu di 2017 dan 2018.

Direktur Utama Bank Sultra, Khaerul Kemala Raden mengungkapkan, pihaknya senantiasa memberikan support pada program yang dicanangkan pemerintah pusat maupun daerah.

Dia mengatakan, program BSPS banyak menyentuh masyarakat di daerah, terutama pemenuhan perumahan yang layak huni. Pihaknya mempunyai misi agar bisa berkontribusi dalam memudahkan pelayanan bagi masyarakat yang bertransaksi melalui Bank Sultra.

“Kami harapkan bisa memberikan kemudahan dari segi layanan kantor yang menjangkau hingga ke pelosok, karena kami juga memiliki 80 kantor yang tersebar di 17 Kabupaten dan Kota di Sultra, selain fasilitas Mobil Layanan Kas Keliling” ungkap Khaerul Kemala Raden saat ditemui usai penandatanganan PKS (Perjanjian Kerjasama) dengan SNVT PP Provinsi Sultra, Senin (8/4).

Dia menuturkan, dengan adanya jaringan kantor yang luas, bisa melayani masyarakat pelosok guna memudahkan penyaluran program tersebut.

“Dari sisi aplikasi, di semua kantor kita sudah terhubung online semuanya. Penunjukan sebagai Bank penyalur juga melalui tahapan seleksi dari beberapa Bank yang ada, Bank Sultra terpilih karena memenuhi kriteria yang dibutuhkan sebagai Bank penyalur, khususnya dari sisi jaringan kantor yang luas,” ucapnya.

Senada disampaikan oleh Direktur Pemasaran Bank Sultra, Depid, Bank Sultra yang telah berpengalaman menyalurkan dana program pemerintah kembali dipercaya untuk menyalurkan dana program BSPS di Sultra. Bank Sultra aktif mendukung pemerintah dalam penyaluran BSPS agar tepat waktu dan tepat sasaran.

“Bantuan BSPS ini merupakan bantuan non tunai dan tunai. Jadi kita buatkan rekening masing-masing penerima bantuan, sehingga dananya itu langsung disalurkan ke rekening masing – masing penerima,” katanya.

Selanjutnya, Bank Sultra juga siap memberikan fasilitas pembiayaan bagi Toko yang ditunjuk SNVT PP sebagai penyedia bahan bangunan.

“Bank Sultra siap memberikan fasilitas pinjaman kredit, artinya kita juga bisa bantu permodalan untuk toko bangunan tersebut. Kedepan kita harapkan toko-toko yang ditunjuk sebagai Penyalur Bahan Bangunan ini bisa menjadi mitra Bank Sultra,” imbuhnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya Provinsi Sultra, Musniar M Silondae, ST M Si mengatakan, tahun 2019 ini penyaluran itu ada tiga tahap, tahap pertama sebanyak 3.980 rumah saat ini sedang berlangsung yang terbagi dari 15 Kabupaten dan Kota Se-Sultra.

“Terkecuali Kabupaten Konewe Kupulauan dan Kota Baubau. Dikarenakan masih ada data usulan yang mungkin belum lengkap dan ini adalah kebijakan pusat,” ujarnya.

Dalam penyaluran tersebut, sambung dia, kurang lebih 120 desa mendapatkan bantuan dari program BSPS di Sultra untuk tahap pertama.

“Tahun ini juga Sultra mendapatkan peningkatan kualitas bantuan menjadi 6.000 unit rumah swadaya yang akan di bantu oleh pemerintah pusat. Satu rumah bisa dapat Rp17,5 juta. Dimana Rp15 juta untuk pengadaan bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk gaji tukang atau upah kerja,” jelasnya.

Selain itu, katanya, untuk lebih memudahkan masyarakat, pihaknya mempunyai pendamping yang bisa membimbing penerima manfaat BSPS agar tetap sasaran. “Masing-masing pendamping bisa mendampingi sebanyak 50 orang penerima manfaat dari program BSPS ini,” tutupnya. (*a/rs)