Bentuk Kampung Bersinar, BNN dan Pemkab Komitmen Perangi Narkoba

oleh

Foto : Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Imron Korry menyerahkan gambar mesin produksi narkotika kepada Bupati Muna, LM Rusman Emba dalam acara rakor di Aual Galampano Kantolalo,Selasa (20/8). Foto: Isra

Beritaklick.com | MUNA – Kabupaten Muna termasuk salah satu daerah di Sulawesi Tenggara yang menjadi fokus perhatian Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba, sebab penyalahguna narkoba di Muna terbilang cukup tinggi.

Selasa (20/8) BNNK Muna menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) Pemberdayaan Anti Narkoba bersama Pemkab Muna di Aula Galampano Kantolalo, dipimpin langsung oleh Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Imron Korry.

Rakor tersebut membahas persoalan pencegahan dan pemberantasan peredaran narkoba ditengah-tengah masyarakat. Imron Korry menegaskan, narkoba adalah kejahatan luar biasa, musuh negara dan musuh kita bersama yang harus dibasmi hingga keakar-akarnya. “Kami dari BNNP bersinergi dengan Kepolisian akan terus berupaya memberantas peredaran narkoba,”tegasnya.

Sementara itu Bupati Muna, LM Rusman Emba sangat mendukung kinerja BNN bersama Kepolisian dalam mengungkap dan memberatas peredaran narkoba di Muna yang telah berhasil menangkap para para mafia narkoba di Muna. Orang nomor satu di Muna ini menyatakan, mulai ada transformasi dan pengikisan terhadap lingkaran peredaran narkoba di Muna saat ini.

Rusman juga menegaskan komitmennya untuk memberants narkoba, baik di wilayah perkotaan maipun di pelosok melalui pembentukan kampung (desa/kelurahan) bersinar (bersih narkoba).

Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Parentongan Sinaga mengungkapkan bahwa peredaran gelap narkoba di Muna sangat teroganisir dan bekerja secara bersindikat sehingga cukup menyulitkan bagi petugas mengungkap dan memutis rantai peredaran gelap narkoba.

Namun demikian, hal itu tak membuat petugas pasrah dan makin gigih memburu para pelaku kejahatan narkoba yang dibuktikan dengan pengungkapan dan penangkapan para penyalahguna maupun pengedar/bandar narkoba.

Sementara itu Kepala BNNK Muna, La Hasary menjelaskan bahwa selama ini pihaknya bersama Kepolisian dan Pemkab terus bersinergi melakukan upaya pencegahan, dan pemberantasan penyalahgunaan dn peredaran gelp narkotika di Kabuoaten Muna.

Bersama Pemkab Muna, telah menetapakn kampung bersinar di beberapa wilayah yang dideteksi rawan penyalahguna dan peredaran gelap narkoba. Desa/keluraha tersebut smeliputi, Desa Bangunsari, Desa Loghia, Kelurahan Wamponiki, Laiworu dan Palangga. (sra/rs)