DKP Kota Kendari Apresiasi Festival Kalandue dan Lomba Panjat Pinang

oleh

Foto: Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Kendari, Rahman Napirah memimpin rapat pemantapan festival kalandue dan lomba panjat pinang dalam rangka HUT Kota Kendari. foto: idul amir

Beritaklick.com | KENDARI – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari, Ir Rahman Napirah mengapresiasi pelaksanaan festival kalandue dan lomba panjat pinang yang akan digelar di Jln Arifin Sugianto (Bypass arah Lapulu-Kecamatan Poasia) Kota Kendari, 27 April 2019 mendatang.

“Kami menyambut baik kegiatan yang digagas Harian Rakyat Sultra bekerjasama dengan DKP Kota Kendari ini dalam rangka menyambut HUT Kota Kendari tahun 2019,” ujar Rahman Napirah pada rapat pemantapan yang dilaksanakan di Kantor DKP Kota Kendari, Rabu sore (24/4).

Rapat pemantapan pelaksanaan yang dihadiri sejumlah Kepala Bidang dan Kepala Seksi lingkup Kantor DKP Kota Kendari dan Direktur Harian Rakyat Sultra, H. Abdul Haliq SE, MM beserta staf membahas teknis pelaksanaan kegiatan.

Pada pertemuan tersebut disepakati bahwa festival kalandue dan lomba panjat pinang yang digelar pada hari bersamaan, pesertanya harus beregu. Setiap regu berjumlah maksimal 5 orang.

Untuk festival kalandue, diperlombakan regu yang terbanyak meraih kalandue (dalam jumlah kilogram) ditetapkan sebagai pemenang dengan syarat kalandue yang ditimbang dalam keadaan bersih (tidak berlumpur).


Foto: Direktur Rakyat Sultra, H. Abdul Haliq, SE, MM (paling kiri) menghadiri rapat pemantapan festival kalandue. foto: idul amir

Sedangkan pemenang lomba panjat pinang adalah regu yang tercepat mencapai puncak tiang yang terbuat dari pohon pinang.

Sementara itu Direktur Harian Rakyat Sultra, H. Abdul Haliq mengungkapkan, kegiatan festival kalandue dengan peserta terbanyak yang digelar tahun 2017 lalu tercatat pada Lembaga Museum Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid). Kegiatan ini merupakan festival yang kedua kalinya dilaksanakan di Kota Kendari.

“Panitia festival kalandue dan lomba panjat pinang menyediakan uang tunai dan hadiah menarik bagi para pemenang,” pungkasnya. (idu)