Jelang Reakreditasi, Lintas Sektor Gotong Royong Benahi Puskesmas Lepo-lepo

oleh

Foto : Kepala Puskesmas Lepo-lepo, dr Hasmira (baju kaos kuning) bersama para staf, aparat kelurahan, kecamatan dan masyarakat melakukan aksi besih-bersih jelang akreditasi.

Beritaklick.com | KENDARI – Jelang reakreditasi, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lepo-lepo mulai berbenah. Bersama lintas sektor, mulai dari aparat kelurahan, aparat kecamatan, Babinsa, Bhabinkabtimas, mahasiswa dan masyarakat gotong royong melakukan aksi bersih-bersih puskesmas yang terletak di Kelurahan Lepo-lepo Kecamatan Baruga itu.

Kegiatan yang berlangsung Sabtu (31/8) pagi tersebut, diinisiasi Camat Baruga bersama Puskesmas Lepo-lepo mendapat respon positif masyarakat.

Kepada awak media, Kepala Puskesmas Lepo-lepo dr Hasmira mengatakan, tiga tahun sebelumnya puskesmas yang ia pimpin telah terakreditasi madya dan kini tengah mengupayakan agar bisa terakreditasi paripurna (akreditasi tertinggi).

“Akreditasi tiga tahun lalu kita dapat madya, sekarang kita berharap bisa naik menjadi paripurna yang merupakan predikat akreditasi tertinggi bagi puskesmas,” jelas Hasrmira.

Katanya, untuk mendapatkan akreditasi perlu berbagai persiapan tidak hanya secara administrasi, melainkan juga dari segi pelayanannya sehingga masyarakat betul-betul terlayani secara maksimal.

“Termasuk kita mengadakan kerja bakti sebagai bentuk kepedulian lintas sektor. Dimana, kegiatan ini diinisiasi Camat Baruga dan melibatkan banyak pihak mulai dari kelurahan kecamatan, Babinsa, Bhabinkabtimas, warga, karang taruna, termasuk organisasi masyarakat. Intinya permasalahan kesehatan tidak bisa diselesaikan oleh puskesmas saja, tetapi harus bersama lintas sektor,” ungkapnya semabari menjawab pertanyaan awak media.

Foto : Nampak Puskesmas Lepo-lepo saat aksi bersih-bersih.

Hasmira menambahkan bahwa Camat Baruga menginginkan kegiatan aksi bersih-bersih menjadi agenda rutin. Artinya, tidak hanya di puskesmas tetapi juga di tempat-tempat lain yang memang membutuhkan bantuan.

“Tidak hanya bidang kesehatan, melainkan bidang lainnya juga. Lewat ini Kami berharap Puskesmas Lepo-lepo bisa terakreditasi paripurna agar kedepan berimplikasi pada pelayanan maksimal sesuai akreditasi yang disandang,” cetusnya.

Tercatat, di Kota Kendari tahun ini ada dua puskesmas akan reakreditasi yakni Puskesmas Poasia dan Puskesmas Lepo-lepo. Sedangkan puskesmas yang baru pertama kali akan diakreditasi yakni Puskesmas Nambo dan Puskesmas Jati Raya.

“Intinya bagaimana meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Hasmira.

Perlu diketahui akreditasi memiliki tujuan utama yakni pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. (rs)