Mahasiswa Teknik Unsultra Dilatih Operasikan Alat Baru Laboratorium

oleh

Foto : Mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik saat mengikuti training dan pelatihan pengenalan dua alat baru di Laboratorium Fakultas Teknik.

Beritaklick.com | KENDARI – Sebagai perguruan tinggi milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Prov Sultra), Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) terus berupaya mensejajarkan diri dengan perguruan tinggi maju lainnya.

Kini Unsultra terus berbenah tidak hanya dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), namun kampus yang terkenal dengan tagline “Kampus SEKSI” tersebut terus berupaya berbenah dari sisi prasarananya, seperti mendatangkan dua alat praktek mahasiswa Jurusan Sipil Fakultas Teknik langsung dari Bandung.

Dalam pengoperasiannya, mahasiswa dan dosen Fakuktas Teknik terlebih dahulu mengikuti pelatihan dan training yang dibawakan langsung oleh instruktur dari Bandung.

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, jika sebelumnya Fakultas Teknik harus menjalin kerjasama dengan instansi lain terkait praktikum mahasiswa di laboratorium, kini bisa dilaksanakan sendiri dengan hadirnya peralatan baru.

“Jadi, mahasiswa dan dosen kita training untuk pengenalan laboratorium, khususnya untuk pengoperasian dua alat baru yang didatangkan dari Bandung, seperti mesin hidrolik open chanel terkait irigasi dan juga alat lainnya terkait mekanik,” ungkapnya usai kegiatan training, Sabtu (16/8).

Rektor yang juga Guru Besar Faperta UHO itu mengaku selama ini mahasiswa sipil dalam melaksanakan praktek harus bekerjasama dengan institusi lain seperti UHO dan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Alhamdulillah dengan hadirnya dua alat baru, mahasiswa tidak perlu lagi ada kerjasama, bahkan ada cost-cost tambahan,” cetusnya.

Rektor berharap, kehadiran alat baru semakin menambah atmosfer akademik di laboratorium sehingga muncul kegiatan-kegiatan riset yang bisa saja diterapkan untuk kemaslahatan di bumi anoa.

“Tentunya kami berharap laboratorium menjadi tempat munculnya kegiatan-kegiatan riset. Tidak hanya mahasiswa melainkan juga para dosen, sehingga bisa mendukung visi misi Fakultas Teknik,” tambahnya.

Prof Andi membeberkan, kini Fakultas Teknik tinggal menunggu tim visitasi akreditasi dan BAN-PT. Tentu dengan hadirnya dua alat baru menjadi point tambah untuk mencapai target akreditasi A.

“Dalam waktu dekat tim visitasi BAN-PT. Setelah itu keluar hasil akreditasinya. Kami yakin Fakuktas Teknik bisa terakreditasi B, tetapi target kami A, ” pungkas Rektor. (r6/rs)