PHDI: Jaga Kualitas Demokrasi

oleh

Beritaklick.com | KENDARI – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sultra mengajak seluruh umat Hindu agar menjaga kualitas demokrasi di Sultra. Caranya dengan aktif dalam menyalurkan hak pilih pada Pemilu 17 April mendatang.

Ketua PHDI Sultra Dr Eng I Nyoman Sudiana SPd MSi mengatakan, dalam ajaran Hindu sangat jelas diserukan pentingnya terlibat dalam kegiatan demokrasi. Misalnya dalam memilih pemimpin yang baik dalam pemerintahan maupun wakil rakyat di parlemen.

“Saya mengajak seluruh umat Hindu di Sultra agara menjalankan darma negara khususnya di bidang politik ini dengan aktif menyalurkan hak pilih pada Pemilu nanti,” serunya.

Nyoman Sudiana menjelaskan, dalam kitab suci umat Hindu tampak jelas tercantum kriteria pemimpin yang layak dipilih untuk memimpin. Di antaranya setia pada bangsa dan negara.

Dia juga mengimbau agar masyarakat Hindu tidak asal pilih calon presiden ataupun calon anggota DPR, DPD, dan DPRD provinsi, kabupaten, dan kota. Harus mampu menilik kompetensinya.

“Harus yang amanah, track recordnya jelas dan baik, dan paling penting bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa. Jangan asal pilih,” ungkapnya.

Selain itu, Nyoman pun berharap agar masyarakat menjadi pemilih cerdas. Termasuk dengan mengikuti aturan atau petunjuk dalam menyalurkan hak pilih sehingga tidak batal atau sia-sia.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengimbau agar seluruh umat Hindu di Sultra menjaga persatuan dan kesatuan bangsa baik sebelum maupun sesudah pesta demokrasi. Katanya, Pancasila sebagai ideologi bangsa sangat jelas menyatakan bahwa meski masyarakat Indonesia berbeda-beda tetapi tetap bersatu dalam bingkai Negata Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (rs)