PT Azatata Citra Dilatih Penyusunan Laporan Keuangan Melalui SAK-EMKM

oleh

Beritaklick.com | KENDARI – Laporan keuangan sangat penting bagi pelaku UMKM. Setidaknya sebagai dasar dalam melakukan pengambilan keputusan bisnis.

Pelaku UMKM akan mendapatkan informasi dintaranya terkait pendapatan, beban usaha, laba dan kerugian usaha pada setiap periode. Demikian juga jumlah pertambahan dan alokasi ekuitas dan posisi keuangan atau aset dan kewajiban.

Sehingga, laporan keuangan dapat dipakai sebagai informasi untuk membuat perencanaan dan pengawasan usaha juga untuk memenuhi persyaratan guna mendapatkan kredit tambahan modal usaha.

Sebagai akademisi, baru-baru ini tim peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHO, turun melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, tepatnya di PT Azatata Citra dalam penerapan sistem informasi dan menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Entitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (SAK-EMKM).
Ketua tim peneliti, Sulvariany Tamburaka SE MSi Ak CTA ACPA mengatakan, Bimtek yang dilaksanakan tersebut, berupa Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Entitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (SAK-EMKM).

“Jadi Bimtek ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para pengelola keuangan. Khususnya pegawai yang menangani penyusunan laporan keuangan, mengenai penyusunan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Entitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (SAK-EMKM),”ungkapnya.

Sasaran strategis kegiatan, ujar Sulvariany Tamburaka, adalah para pengelola keuangan di PT Azatata Citra, khususnya pegawai yang bertugas menyusun laporan keuangan.

Selain itu terangnya, kegiatan penyuluhan menggunakan pendekatan persuasif edukatif, yaitu memberikan penjelasan teoritis disertai contoh aplikasi pada PT Azatata Citra, kemudian diskusi dan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman para pengelola keuangan di Perusda Utama PT Azatata Citra.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dalam upaya meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan PT Azatata Citra,”paparnya.

Ditempat yang sama, anggota tim dosen pengabdian masyarakat, Dr H Ishak Awaluddin, SE Msi Ak CA CTA CPA menambahkan, penyusunan laporan keuangan perusahaan dilaksanakan selama tiga tahap. Tahap pertama, adalah tahap persiapan, yaitu tahap dimana tim pengabdian melakukan peninjauan dan pengamatan ke lokasi PT Azatata Citra.
Tahap kedua adalah tahap pelaksanaan kegiatan pengabdian. Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen dan tahap ketiga adalah pendampingan bagi manajemen dalam menyusun laporan keuangannya.

Pihaknya, kata dia, bersyukur mendapatkan dukungan yang besar dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Terutama, lanjut dia, dukungan dari pimpinan PT Azatata Citra, yang dengan antusias memberikan informasi keuangan sehingga dapat membantu perusahaan dalam penyusunan laporan keuangannya.