Relawan Bangkit Sigap Lawan Covid-19

oleh

Kendari – Setelah terbentuk Sabtu (21/3) Relawan BANGKIT SULTRA MELAWAN COVID-19 langsung action. Tak mau tinggal diam melihat penyebaran covid-19 di Bumi Anoa. Apalagi mengancam para tenaga medis. Para relawan Melibatkan sejumlah element lain yang sevisi dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, langsung tancap gas mendengar ada 12 tenaga medis yang diisolasi hampir sepekan.

Ketua Relawan Fachmi Jambak didampingi Kadis kominfo provinsi Sultra Syaifullah selaku bagian gugus tugas pencegahan covid-19 di Sultra langsung turun tangan melihat dan menjenguk 12 tenaga medis yang kini dalam status ODP (orang dalam pengawasan).

“Kami dengarkan apa yang jadi kebutuhan dan keprihatinannya dan kami datang malam harinya membawakan menu makan malam. Tapi sebelumnya kita kontak salah satu pasien ODP, mereka ingin makan sinonggi atau kapurung dan kami tindak lanjuti dan membawakannya. Kami juga mendengarkan akan segera menindak lanjuti apa yg menjadi kebutuhan mereka,” katanya

Pihaknya juga merasa sedih ketika melihat 12 tenaga medis yang kini dalam status ODP covid-19. Mestinya para medis tersebut melayani masyarakat dalam kondisi sakit, namun kondisi tersebut tidak dapat dielakan.

 

“Kita berharap doa dan dukungannya masyarakat Sultra agar status tenaga medis kita semua negatif covid-19, apalagi khususnya yang kini dalam kondis ODP. Sehingga mereka dapat terjun kembali mengabdi kepada masyarakat melakukan pelayanan karena tenaga medis kita yang sangat terbatas,” tutur praktisi hukum Sultra sekaligus dosen UNISMU Kendari

Dia juga menyampaikan, keprihatinan terhadap kondisi sejumlah tenaga medis yang masih diisolasi di RS Bahteramas. Para tenaga medis tersebut kekurangan sejumlah bahan persediaan primer seperti pakaian, pakaian dalam laki-laki dan perempuan, bahan makanan siap saji dan sejumlah suplemen maupun alat pelindung.

Ketua HRV Club’ Sultra ini juga akan terus menggalang dukungan dengan sejumlah elemen untuk bersinergi bahu membahu mendukung pemerintah daerah dalam melakukan pencegahan dan penanganan penyebaran covid-19 di Bumi Anoa.

Dia juga menyampaikan Informasi posko relawan bertempat di Fakultas Hukum UNISMU Kendari dengan hotline 08114096336.

Senada salah satu relawan Ikbal yang hadir mendampingi mengatakan covid 19 dapat dicegah jika masyarakat bersatu untuk tetap tinggal di rumahnya dan menghindari kerumunan orang banyak. Karena virus ini, tidak ada yang tau siapa yang sedang mengidapnya. Para tenaga medis juga berpesan agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas baik itu di tempat kerja maupun di rumah. **