Tafdil Launching Kartini di Hut RI ke 74

oleh

Foto : Bupati Bombana, H Tafdil SE MM bersama Kadis Pertanian, Ir Hj Andi Nur Alam MPw serta pihak Bank Zultra saat launching Kartu tani (Kartini).

Beritaklick.com | RUMBIA – Bupati Bombana, H Tafdil SE MM membagikan Kartu tani (Kartini) sesaat upacara memperingati hari ulang tahun Repoblik Indonesia ke 74. Kartini merupakan program inisiatif Kepala Dinas Pertanian, Ir Hj Andi Nur Alam MPw guna menertibkan pengambilan pupuk bersubsidi oleh petani.

Hadirnya Kartini ini tidak lepas peran penting dari Dinas terkait yaitu Dinas Pertanian, bekerjasam dengan pihak Bank Sultra serta. Agar berjalan mulusnya program tersebut hingga tepat sasaran pihaknya melibatkan tim pengawas dalam halini Polisi, Kejaksaa, TNI, Bank Sultra serta tokoh masyarakat dan LSM.

Kepala Dinas Pertanian, Hj Andi Nur Alam mengatakan, saat launching kemarin ada 10 kartu yang dibagikan secara simbolis, lima kartu diserahkan oleh bupati dan lima kartu diserahkan oleh wakil bupati.

“Kami targetkan ada 991 kartu yang nantinya akan terbagi kepada petani di dua kecamatan yakni, Kecamatan Rumbia dan Rarowatu,” kata wanita berhijab itu kepada wartawan Rakyat Sultra.

Saat ditanyakan manfaat dari Kartini, Hj Andi Nur Alam menjelaskan, kartu ini nantinya digunakan untuk petani dalam pengambilan pupuk bersubsidi. Halini bertujuan agar penyaluran pupuk bersubsidi tepat sasaran, serta mengefektifkan pengawasan pupuk bersubsidi.

“Dengan hadirnya Kartini ini, penyaluran pupuk bersubsidi di Bombana secara otomatis tepat sasaran, tidak ada lagi petani yang tidak mendapatakan pupuk bersubsidi. Takala penting, calo pupuk bersubsidi akan tidak ada, ” jelas Hj Andi Nur Alam.

Kadias Pertanian Bombana ini menambahkan, untuk memiliki Kartini, setiap petani cuku menyetorkan KTP serta Kartu Keluarga (KK) setelah itu pihak Bank Sultra akan mendatangi ruma petani tersebut.

“Saya berharap, dengan hadirnya Kartini ini dapat membantu petani yang ada di Bombana untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, dan hasil inovasi saya ini bisa berjalan lancar dan baik dikalangan petani secara khusus,” pungkasnya. (din/rs)