UMK Mengevaluasi Kinerjanya Selama Satu Tahun Terakhir

oleh

Foto : Suasana rapat kerja tahunan di gedung baru UMK, Saptu (17/8).

Beritaklick.com | KENDARI – Guna meningkatkan kualitas dan kapasitas yang dimiliki dalam menghadapi perkembangan global dan persaingan saat ini, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) setiap tahunnya selalu mengadakan Rapat Kerja Tahunan. Rapat kerja yang dilaksanakan di gedung baru UMK pada hari Saptu, (17/8) merupakan pengevaluasian kinerja selama satu tahun terakhir, selain itu juga untuk menyusun program kerja baru tahun periode 2019-2020.

Rektor UMK, Amir Mahmud mengungkapkan, sebenarnya rapat ini merupakan pengevaluasi hasil kinerjanya yang dilakukan selama satu tahun terakhir. Disamping itu, dilakukan dengan penyusuan program kerja kedepannya, untuk itulah diundang semua pimpinan, kepala-kepala Biro, Dekan, Ketua Program Studi (Prodi), Kepala unit kerja dan staf.

“Ada empat bidang yang kita bagi, pertama bidang satu itu akademik, jaminan mutu, penelitian, dan pengabdian. Bidang dua itu rumah tangga, aset, pengelolaan sumber daya, dan keuangan. Bidang tiga itu kemahasiswaan, Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) serta kerjasama. Keempat namanya bidang khusus, ini untuk pengembangan dan penguatan kapasitas Teknologi Informasi,” ungkapnya.

Lanjut Amir Mahmud, jadi untuk tahun ini bidang satu itu akan memperkuat evaluasi pelaksanaan kinerja akademik, pembelajaran, lalu penambahan jumlah penelitian dan pengabdian. Kemudian minimal setiap tahunnya ada audit mutu internal akademik. Untuk bidang dua fokusnya pengembangan SDM, jadi tahun ini akan diberikan beasiswa lanjutan untuk 5 orang dosen yang akan lanjut S3.

“Sedangkan bidang tiga, kita akan fokus pembinaan AIK, dosen dan karyawan serta mahasiswa dan ini merupakan juga program baru dimana kita memberikan pengembangan. Untuk bidang yang terakhir, tahun ini kita melakukan penguatan infrastruktur, jaringan komputer, fasilitas-fasilitas Wifi dan sebagainya,” jelasnya.

Amir Mahmud menerangkan bahwa program ini akan berbasis Teknologi Informasi, di mana di input dalam program kita ada namanya kalau di sistem kita namanya Sistem Informasi RAPBU (Rencana Anggaran Pendapan dan Belanja Universitas) (Simrap). Mudah-mudahan dengan program kerja ini itu bisa menambah peningkatan kualitas pengelolaan akademik dan penjaminan mutu terutama di bidang informasi dan teknologi.

“Karena kita sedang mencanankan virtual University, sehingga kita akan perkuat disarana dan prasarananya serta infrastruktur lainnya. Kemudian ini juga merupakan rapat untuk menyingkrokan program kerja Rektor,” pungkasnya.(cr5/rs)