Dinkes Sosialisasi Imunisasi Campak dan Rubella

oleh

BERITAKLICK.COM | RAHA Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna, menggelar pertemuan advokasi sosialisasi imunisasi campak dan Rubella, Jumat (27/7). Sosialisasi lintas sektor ini bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Sultra.

Asisten III Pemkab Muna Edy Uga saat membuka sosialisasi menjelaskan, penyakit campak dan rubella hingga saat ini belum ada pengobatannya namun dapat dicegah. Caranya, dengan pemberian imunisasi vaksin measles rubella

“Ini adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak. Penyakit campak merupakan penyakit menular dan serius yang disebabkan oleh virus. Hingga saat ini campak masih menjadi penyebab utama kematian bagi anak-anak meskipun sudah tersedia vaksin yang aman dan efektif,” jelasnya.

Dokter anak RSUD Raha, Suhardi menambahkan, rubella merupakan penyakit akut dan menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini biasanya menyerang anak. Namun pada wanita hamil, rubella bisa berbahaya karena menyebabkan kelainan bawaan yang dikenal sebagai sindrom rubella kongenital (SRK).

“Melalui pertemuan ini, seluruh peserta nanti diharapkan mempunyai komitmen yang kuat untuk mendukung eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella atau kecacatan bawaan akibat rubella, congenital rubella syndrome (CRS) serta memberikan dukungan yang optimal agar kampanye imunisasi measles rubella pada 2018 ini sukses mencapai target 95 persen,” harap Suhardi.

Sementara itu, perwakilan dari Dinkes Sultra, dr Anwar menyatakan, tujuan sosialisasi imunisasi campak rubella adalah untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama petugas kesehatan lintas program dan lintas sektor di tingkat Kota dan Kecamatan.

“Ini adalah koordinasi dan sinkronisasi dalam menetapkan strategi pelaksanaan kampanye measles rubella, serta menyatukan komitmen dan kesepakatan untuk menyukseskan pelaksanaan kampanye measles rubella,” ujar Anwar.

Dalam rangka menyukseskan kampanye campak rubella Measles rubella pada fase ke-2, perode Agustus-September 2018 ini, maka perlu dilakukan sosialisasi kampanye measles rubella petugas kesehatan bersama lintas program dan lintas sektor. (p19/b/aji)