Penderita HIV AIDS di Sultra 476 Orang

oleh

BERITAKLICK.COM | KENDARI – Terhitung Juli 2017 hingga Juli 2018, jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV)/AIDS di Sultra yang ada dalam daftar tercatat sebanyak 476 orang. Dimana masing-masing penderita wanita berjumlah 186 dan pria 290 orang. Hal ini diungkapkan Ketua Pokja HIV, dr m Yusuf hamra Sp.PD.MSc saat ditemui di ruang kerjanya.

Dikatakan Yusuf Hamra, penderita HIV AIDS di Sultra ini cukup signifikan peningkatannya. “Penderita HIV AIDS di Sultra ini dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Untuk Juli 2017 sampai bulan Juli tahun ini saja itu jumlahnya sudah dikisaran 476 orang. Tentunya ini perlu penanganan serius dari semua pihak,” jelasnya.

Ada beberapa hal yang mestinya menjadi perhatian semua pihak bahwa yang paling penting sekarang adalag bagaimana kita melakukan pencegahan sedini mungkin sehingga penyebarannya tidak bergerak cepat. Yakni salah satunya dengan menyerukan menghindari hubungan sex bebas khususnya dikalangan remaja.

“Adapun usaha yang lain yang bisa dan bila perlu kontinyu dilakukan yakni melakukan operasi atau sidak di sejumlah tempat-tempat hiburan malam. Karena THM ini sangat rentan dengan penyebaran virus HIV. Dan operasi semacan ini tentunya melibatkan pihak pemerintah termasuk Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Mengenai pengobatan virus HIV AIDS ini menurut Yusuf Hamra, ada beberapa pihak rumah sakit yang memang menangani pasien HIV AIDS. Seperti di RSUD bahteramas, RSUD Kota Kendari, RSUD MUNA dan RSUD Kota Bau bau. (p3/ian).