Jelang HUT Kota Kendari, GSI Ajang Seleksi Pemain Muda Sepak Bola Terbaik

oleh

Foto bersama panitia dengan para peserta Gala. Foto: Dirma

Beritaklick.com | KENDARI – Pertandingan sepak bola antar SMP, Liga Pelajar (Gala) Siswa Indonesia tingkat Kota Kendari, sudah memasuki hari kedua.

Event olahraga dari program pemerintah pusat yang dirangkaikan pelaksanaannya menyambut hari ulang tahun ke-188 Kota Kendari dan menyukseskan program 9 tahun di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu, bertujuan untuk penelusuran olahragawan muda berbakat.

Ketua Panitia Gala Siswa Indonesia SMP 2019 tingkat Kota Kendari, Darwis mengatakan, kegiatan Gala ini sebagai ajang pencarian bakat-bakat muda yang sangat berbakat di bidang persepakbolaan. Seleksi akan dimulai dari kecamatan, kota, provinsi hingga nasional.

“Gala ini bertujuan untuk memilih atau menyeleksi pemain-pemain muda sepak bola yang berbakat. Dan tidak menutup kemungkinan pemain yang mewakili Indonesia nanti itu dilahirkan dari Kendari,” katanya.

Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Kota Kendari mengarahkan kepada sekolah agar menyeleksi yang terbaik di sekolahnya masing-masing. Kemudian setelah itu akan diseleksi ke tingkat kecamatan.

“Kemudian setelah juaranya di tingkat kecamatan akan mewakili kecamatannya ke tingkat Kota Kendari,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, peserta yang mewakili kecamatan bukanlah sekolah yang menang atau juara dalam liga ini, tetapi mereka-mereka yang terbaik yang akan diambil untuk mengikuti pertandingan dan ke tingkat kecamatan dan kota.

Kemudian akan dilatih lagi melalui pelatihan intensif atau training center dalam beberapa waktu untuk persiapan dalam menghadapi liga pada tingkat selanjutnya.

Menurutnya, untuk menghasilkan pemain nasional itu sesungguhnya caranya sangat mudah. Sebab, yang dipilih adalah pemain terbaik.

“Kan selama ini ada atlet yang terbaik tetapi karena sekolahnya kalah sehingga dia tidak bisa lanjut. Maka dari itu kami beri ruang kepada para siswa yang mempunyai bakan terutama di bidang sepak bola untuk bisa mewakili ketingkat kacamatan, kota serta provinsinya, meskipun sekolahnya kalah dan mereka ini akan dibina lagi pada pelatihan,” ungkapnya.

Darwis berharap, kepada semua yang akan bertanding agar bermain dengan sportif serta jujur. Jangan menghalalkan segala cara untuk menang.

“Memang menang merupakan tujuan dan juga target yang harus diraih dalam suatu pertandingan, tetapi yang paling utama dalam adalah mengerahkan seluruh kemampuan aktivitas tinggi yang dimiliki saat berlaga,” pesannya.

Dia juga berharap agar bisa membantu menyukseskan pelaksanaan Liga Pelajar. (p17/rs)