Kalahkan Brighton, Manchester City Juara Liga Inggris

oleh

Beritaklick.com | BRIGHTON — Manchester City mempertahankan gelar Liga Inggris yang mereka raih musim lalu. Itu setelah mereka mengalahkan tim papan bawah Brighton & Hove Albion di laga pekan ke-38 Premier League Inggris, Minggu, 12 Mei malam yang berakhir beberapa saat lalu.

Dalam laga di American Express Community Stadium, tuan rumah sempat unggul terlebih dulu di menit ke-27. Gol Brighton dilesakkan bomber andalan mereka, Glenn Murray lewat tandukan jarak dekat menyambut umpan sepak pojok Pascal Gross.

City merespons cepat. Semenit berselang, Sergio Aguero menyamakan kedudukan lewat sepakan kaki kiri usai mendapat umpan matang dari David Silva di dalam kotak penalti. Tim tamu berbalik unggul di menit ke-38. Diawali sepak pojok, Riyad Mahrez mengirim bola ke depan gawang yang ditanduk bek, Aymeric Laporte. Skor 2-1 ini menjadi hasil babak pertama.

Kembali dari ruang ganti, The Citizens yang belum sepenuhnya aman karena Liverpool di laga lainnya juga unggul 1-0 atas Wolverhampton Wanderers terus mengurung pertahanan tuan rumah. Setelah beberapa kali mengancam, mereka akhirnya bisa menggandakan keunggulan lewat Riyad Mahrez di menit ke-63. Mahrez menaklukkan kiper Brighton, Mathew Ryan lewat tendangan keras kaki kanan dari depan kotak penalti setelah menerima umpan David Silva.

Meski sudah cukup aman, pasukan Pep Guardiola terus menekan. Pada menit ke-72, mereka pun mencetak gol keempat. Diawali pelanggaran di depan kotak penalti, Ilkay Gundogan mencatatkan namanya di papan skor lewat sebuah tendangan bebas melengkung ke sudut kiri gawang tuan rumah. Skor 4-1 ini bertahan hingga akhir laga.

Dengan kemenangan ini, Manchester City menutup musim 2018/2019 dengan koleksi poin 98. Mereka unggul satu angka di atas tim runner up, Liverpool yang di laga lainnya mengalahkan Wolverhampton Wanderers di Anfield Stadium.

Ini adalah gelar Liga Inggris ke-6 Manchester City. Lima gelar sebelumnya mereka raih pada musim 1936/1937, 1967/1968, 2011/2012, 2013/2014, dan 2017/2018. Selain itu, The Citizens juga pernah menjadi runner up pada lima kesempatan. (Live Score/Goal/amr/fjr)