Diesnatalies Ke-13, Stikes MW Tumbuhkan Harmonisasi Kampus

oleh

Foto : Suasana pelaksanaan Diesnatalies Stikes MW Kendari yang ke-13. Foto: suprianto

Beritaklick.com | KENDARI – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya (Stikes MW) Kendari memperingati Diesnatalies yang ke-13 tahun. Dalam momentum hari jadi ke-13 tersebut, Stikes MW Kendari terus menumbuhkan harmonisasi kampus dalam pengembangan Stikes yang lebih maju dan unggul.

Ketua Stikes MW Kendari, DrPH Hj Tasnim, SKM MPH mengungkapkan bahwa pihaknya mengusung tema tentang harmonisasi dalam mewujudkan Mandala Waluya menuju universitas yang bisa berkontribusi optimal dalam pembangunan nasional.

Dia mengatakan, Stikes MW mempunya moto memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa maupun para pemangku kepentingan. Saat ini, Stikes MW Kendari sudah berada di urutan ke 264 secara nasional untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Peringkat tersebut dari 3.244 PTN dan PTS yang ada di Indonesia.

“Peningkatan prestasi kampus juga turut ditunjang oleh berbagai aspek, baik dari predikat kampus dalam hal ini akreditasi, layanan kepada mahasiswa, ketersediaan tenaga pengajar yang handal dan berkompeten, serta pengembangan penelitian dosen dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Tasnim saat ditemui usai kegiatan Diesnatalies Stikes MW Kendari, Sabtu (27/1).

Kata dia, untuk proses akreditasi, saat ini pihaknya sedang menunggu visitasi untuk proses akreditasi kampus. Dia berharap predikat kampus Stikes MW bisa naik ke B yang dulunya masih predikat C. Namun untuk beberapa jurusan yang ada, pihaknya 60 persen memiliki predikat B dari BAN PT.

“Kita beri respek dengan harmonisasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Diharapkan kita menigkatkan akreditasi, jadi yang kita lakukan adalah perbaikan-perbaikan pada sumber dayanya. Kemudian sarana dan prasarannya, sistem pembelajarannya dan juga mahasiswa diberi pelatihan dan studi banding baik di dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya.

Lanjut Tasnim, untuk tenaga pengajar yang sementara melanjutkan studi sudah 9 orang dosen dan akan menyusul lagi 7 doesn yang akan melanjutkan S3. Hal ini dilakukan dalam rangka memperkuat kontribusi Stikes MW Kendari di dalam pembangunan nasioinal. “Jadi, jika dosennya banyak yang sudah S3, maka itu akan meningkatkan mutu dan kualitas kampus agar bias lebih maju da unggul,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk rasio tenaga pengajar dengan jumlah mahasiswa di Stieks MW yaitu 1 : 20. Untuk Standartnya PTS kan 1 : 30. Sedangkan dilihat dari kualitas rasio penilaian penjaminan mutu secara internal Stikes MW Kendari masih dalam kategori baik.

“Alhamdulillah kita untuk tenaga pengajar sudah banyak yang tersertifikasi dosen dan pendidik. Dan beberapa penelitian sudah banyak dipublikasikan, baik jurnal nasional maupun internasional. Kami berharap kedepan Stikes MW Kendari semakin jaya, unggul dan berkualitas,” pungkasnya. (RS)