KPU Usul Rp 47 M Untuk Anggaran Pilkada Muna

oleh

Foto: Ketua KPU Muna, Kubais

Beritaklick.com | RAHA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna mulai membuat rencana anggaran untuk pelaksanaan tahapan Pilkada Muna yang akan dihelat pada tahun 2020 mendatang. Kepada Rakyat Sultra, Ketua KPU Muna, Kubais menyebutkan, usulan anggaran pilkada Muna sebesar Rp 47 Miliar.

Ketua KPU Muna, Kubais menjelaskan anggaran Rp 47 M tersebut akan mendanai seluruh tahapan pilkada muna, mulai awal tahapan hingga selesai. Bahkan di dalamnya sudah termasuk untuk anggaran pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSI) sebesar Rp 3 Miliar, untuk mengantisipasi terjadinya PSI seperti pada pilkada 2015 lalu.

“Anggaran untuk PSU kita siapkan saja, agar kota todak kesulitan anggaran seandainya terjadi PSU. Kalau tidak terpakai, akan dikembalikan ke kas Pemkab Muna,”ucapnya.

Kubais mengatakan, tahapan Pilkada Muna akan dimulai September 2019, dengan demikian maka penganggaran juga akan dimulai pada September. ” Untuk anggaran yang dibutuhkan tahun 2019 ini tidak terlalu besar, hanya meliputi, sosialisasi, pembentukan badan adhock dan konsultasi,”ucap Kubais.

Menyikapi usulan anggaran dari KPU Muna, Bupati Muna, LM Rusman Emba segera menindaklanjutinya dengan menyediakan anggaran Pilkada Muna, namun akan dilakukan ecara bertahap melalui APBD-P 2019 dan APBD 2020. Mengenai besaran anggaran yang diusulkan KPU, Rusman mengatakan akan melakukan perhitungan yang akan dilakukan oleh bagian keuangan (sra/rs)