Prabowo-Sandi Menang di Sultra 61,11 Persen Suara

oleh

Foto: Direktur THI, Naslim Sarlinto Alimin (kanan)

Beritaklick.com | KENDARI – Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul 61,11 persen suara di Sultra dibandingkan petahana Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang hanya memperoleh 39,89 persen suara berdasarkan hasil Quick Count The Institut Haluoleo (THI) daerah pemilihan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Direktur THI, Naslim Sarlinto Alimin, mengatakan, quick count merupakan perhitungan suara disejumlah sampel TPS yang dipilih secara acak dan proporsional dari seluruh populasi TPS yang ada. Dimana, jumlah pemilih sebanyak 1.723.539 jiwa dan total jumlah TPS sebanyak 7.815.

“Data yang masuk 84,08 persen menggunakan teknik penarikan sampel multistage random sampling. Dimana, ada sebanyak 471 TPS sample yang tersebar di 17 kabupaten kota di Sultra,” ujarnya , Kamis (18/4) dalam konferensi persnya.

Dirinya mengaku, sisa suara yang belum masuk tidak akan banyak mengubah hasil yang sudah dirilis, dengan margin error kurang lebih satu persen.

Selain merilis perolehan suara Pilpres, THI juga merilis estimasi perolehan suara Partai Politik (Parpol), suara terbanyak di Sultra dipegang oleh Partai Golkar dengan 16,4 persen, disusul Demokrat dengan 14,5 persen, diurutan ketiga ada PDIP dengan 13,6 persen.

Selanjutnya, diurutan keempat ada PAN dengan 12,5 persen, kelima ada Gerindra dengan 11,2 persen dan keenam Nasdem dengan 7,4 persen. Disusul PKS 6,1 persen, PKB dengan 5,2. Kemudian, selanjutnya berurutan PPP, PBB, Perindo, Berkarya, PSI, Hanura, Garuda dan PKPI dibawah lima persen suara.

“Nah, dengan hasil ini, kami coba melakukan uji simulasi saintecknologi, partai apa saja yang bisa mengirimkan wakilnya ke Senayan. Partai itu seperti Golkar, Demokrat, PDIP, PAN, Gerindra dan Nasdem. Masing-masing memiliki perolehan suara terbesar,” jelasnya lagi.

Perlu diketahui, estimasi calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dapil Sultra) ada enam orang versi THI. Empat diantaranya merupakan wajah-wajah lama dan dua lagi adalah pendatang baru.

“Mereka adalah Ridwan Bae dari Partai Golkar dengan 52,8 persen suara, Rusda Mahmud dari Demokrat dengan 61,7 persen suara, Hugua dari PDIP dengan 44,8 persen suara. Kemudian, Fachry Pahlevi Konggoasa dari PAN dengan 76,1 persen suara, Imran dari Gerindra dengan 43,2 persen suara dan Tina Nur Alam dari Nasdem dengan 37,9 suara,” papar Naslim.

Inilah yang diperkirakan THI untuk melenggangang ke Senayan menjadi legislator pilihan masyarakat Sultra.

“Untuk diketahui, Quick Count ini merupakan perkiraan dan bukan hasil resmi dari KPUD,” pungkasnya. (p11/b/hum/rs)