Kande-Kandea Meriahkan Pesta Rakyat

oleh

Foto: Ilustrasi Kande-Kandea

Beritaklick.com | KENDARI – Pesta rakyat, dalam rangka syukuran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan dilaksanakan pada 22 September mendatang di pelataran MTQ.

Ketua Tim Penggerak PKK Sultra, Agista Ariani Ali Mazi memimpin langsung rapat persiapan pesta rakyat yang akan dikemas dalam acara Kande-Kandea (bahasa Buton) yang artinya makan-makan. Pesta rakyat rencana digelar sederhana namun tetap meriah.

“Konsep acara pesta rakyat ini ialah bagaimana para wisatawan manca negara bisa tertarik dan berkunjung ke Sultra. Selain menikmati pesta rakyat yang kita akan sajikan, dari hasil kunjungan mereka bisa menceritakan kepada sesama wisatawan bahwa di Sultra banyak obyek wisata yang menarik,” katanya, saat memimpin rapat di Ruang Rapat gubernur, Kamis (13/9).

Menurut Agista, pesta rakyat pada hakekatnya adalah konsep budaya. Di mana dalam acara yang dibungkus pakande-kandea dengan menyajikan 2.000 talang yang telah diisi dengan berbagai jenis makanan. “Jadi setiap kabupaten dan kota paling tidak menyajikan makanan sesuai ciri khas daerah masing-masing,” sebutnya.

Ketua Dekranasda Sultra ini yakin para tamu dari pusat akan hadir. Mereka yakni Surya Paloh, Gatot Nurmantyo, Tomy Winata dan sejumlah pengusaha. Pesta rakyat yang akan dimeriahkan artis ibu kota Jakarta ini juga bakal menghadirkan pameran UMKM.

Selain pakande-kandea sebagai salah satu acara utama pesta rakyat, juga diputusakan bahwa setiap kabupaten dan kota menyiapkan 120 talang makanan dengan petugas yang akan melayani. Khusus di areal MTQ disiapkan pula berbagai jenis makanan untuk masyarakat umum. Makanan ini disiapkan oleh Ika Boga.

Dalam rapat pemantapan pesta rakyat, hadir Pj Sekprov Sultra Hj Isma, serta para sekda se-Sultra. (efn/aji/rs)